VPS NVMe merupakan layanan web hosting yang dianggap menjadi titik tengah antara shared serta dedicated server dengan storage berupa NVMe dengan kecepatan data yang tidak perlu diragukan lagi. Perpaduan diantara VPS dan NVMe menjadikannya memiliki memori yang serupa dengan RAM serta mempunyai kecepatan transfer hingga enam kali ketimbang SSD biasa.

VPS NVMe ini akan menjadikan performa website menjadi lebih stabil. Meski begitu, saat ini ada banyak layanan yang menyediakan harga yang murah. Nah, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk beralih menggunakan web hosting VPS NVMe ini, tentunya harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya untuk pertama kali.

Untuk membantu Anda, sila simak step by step-nya di bawah ini!

Perlengkapan Mengaktifkan VPS NVMe

Untuk instalasi VPS NVMe ini, Anda memerlukan beberapa perlengkapan yang sangat penting. Diantaranya VPS, OS (Operating System), platform blog, dan juga control panel. Pada turorial ini, Anda bisa menggunakan OS Linux ubuntu, DIgitalOcean, platform Blog WordPress, serta Control Panel Vetacp. Sedangkan aplikasi SSH Client yang digunakan meliputi Putty bagi windows.

Langkah Memakai VPS pada Windows

Jika semua perlengkapan tersebut sudah Anda miliki, maka, Anda pun bisa mulai menggunakannya. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan!

  1. Buka aplikasi Putty dan masukkan IP VPS NVme, kemudian, pada kolom port biarkan lah terisi dengan default 22 kemudian Anda klik “open”.
  2. Apabila sudah muncul permintaan login, maka Anda masukkan root dan tekan enter.
  3. Apabila terdapat permintaan password, maka sisi lah sesuai password yang sudah diberi oleh penyedia layanan VPS.
  4. Jika sudah, lakukan pengaturan maupun update dulu menggunakan apt-get update pada (debian) untuk centos. Agar bisa meng-update-nya, Anda bisa juga memakai perintah yum update.

Untuk pengguna Mac OS, Anda dapat memakai open SSH macOS X. Itulah step by step memakai VPS NVMe untuk pengguna linux. Cara ini memungkinkan Anda untuk tidak menginstal aplikasi lain, Anda hanya perlu memakai terminal yang tersedia.

Fitur dan Cara Kerja VPS NVMe

NVMe ini tidak akan dipengaruhi oleh penyempitan antarmuka ATA sebab akan berada di bagian atas PCI Express sehingga terhubung langsung dengan CPU. Hal ini menyebabkan NVMe akan menghasilkan operasi input 4 kali lebih cepat yang dapat menyaingi opsi SAS yang paling cepat.

Waktu pencarian datanya adalah sepuluh kali lebih cepat ketimbang SSD biasa. NVMe pun akan memberi kecepatan baca tulis berkelanjutan sebesar 2000MB per detik. Tentu saja ini jauh lebih cepat ketimbang SATA SSD III yang hanya dibatasi 600MB setiap detik.

Dengan semua fitur tersebut, tentu saja kinerja dari website Anda akan menjadi sangat prima. Keuntungannya, jika Anda menggunakan VPS NVMe sebagai web hosting pilihan. Maka seberapa besar apapun pengunjung pada website, performanya tidak akan berkurang. Selamat mencoba!

Author

Write A Comment