Apa itu RSS Feed?

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary. Terkadang disebut dengan feed atau RSS feed. RSS adalah tipe web feed yang mengizinkan user dan aplikasi untuk menerima update reguler dari website atau blog yang mereka pilih.

Pada masa sebelumnya, sebelum adanya fitur RSS feed, jika ingin mendapat informasi terbaru dari website favorit Anda, langkah yang perlu dilakukan adalah bookmark halaman website tersebut kemudian membukanya secara manual untuk melihat update terbaru.

RSS feed memberikan solusi untuk menangani masalah itu dengan memberikan izin user untuk mendapatkan informasi terbaru dari website favorit yang sering mereka kunjungi tanpa harus membukanya secara manual.

RSS feed juga mengizinkan blogger atau penerbit untuk secara otomatis menyebarkan konten mereka sehingga pengunjung/subscriber dapat membaca konten tersebut di email, aplikasi pembaca feed, atau perangkat lainnya.

Jadi secara sederhana, RSS feed adalah aplikasi atau teknologi yang digunakan untuk membaca konten dari sebuah website tanpa perlu membuka website tersebut di browser.

Keuntungan Menggunakan RSS Feed

RSS memberikan kemudahan untuk user berlangganan konten. Ketika menggunakan RSS feed, mereka (pengunjung/subscriber/user) dapat menerima update terbaru dari blog atau website secara langsung ke feed reader, aplikasi desktop, atau perangkat lainnya.

Pengguna yang berlangganan (subscriber) postingan di website Anda tidak perlu mengingat alamat URL karena mereka sudah dapat membawa konten ke dalam satu lokasi yang sama, dimana mereka bisa membacanya semuanya secara langsung. Konten Anda juga menjadi lebih portable, dan subscriber dapat menyimpannya secara offline.

RSS feed membantu Anda membangun dan memelihara followers yang setia mengikuti halaman blog Anda. Bisa jadi, RSS subscriber akan lebih sering membagikan konten Anda di sosial media, seperti melakukan tweet dari setiap artikel yang mereka baca.

Sebagai pengguna atau subscriber, Anda dapat membaca website favorit dan menyimpannya ke dalam satu tempat. Ini membuat Anda lebih cepat menjelajah berita terbaru dari blog atau website yang Anda suka. Bahkan, Anda bisa meninggalkan komentar jika menyukai salah satu artikel di dalam blog tersebut langsung dari aplikasi feed feeder.

Kebanyakan dari feed reader saat ini melakukan penyusunan daftar bacaan melakukan kategori atau grup. Tentu ini akan meningkatkan dan memaksimalkan waktu Anda membaca.

Cara Kerja RSS Feed

RSS feed bekerja dengan mempublikasikan konten terbaru Anda dalam struktur dokumen XML. Feed ini mengandung artikel Anda secara lengkap atau ringkasannya saja, dan metadata untuk setiap item, seperti tanggal, pemilik, kategori, dan lain sebagainya.

Dokumen XML ini dapat mengambil dan dibaca dengan RSS feed reader. Anda dapat menemukan banyak sekali aplikasi RSS feed reader yang tersedia di internet. RSS feed reader tidak hanya di sistem operasi seperti Windows saja, melainkan hampir semua sistem operasi dari berbagai perangkat desktop, termasuk perangkat mobile.

Cara Memasang Widget RSS Feed di WordPress

Anda juga dapat memasang RSS Feed pada WordPress yang berupa widget. WIdget ini dapat menampilkan RSS Feed website Anda maupun orang lain. Langkah yang bisa Anda lakukan cukup sederhana.

Pertama, login ke halaman website Anda kemudian masuk ke menu Widget di Appearance » Widget.

Yang Anda butuhkan adalah alamat URL (website) dari feed yang ingin ditambahkan di website. Widget ini akan menampilkan setiap feed dari URL yang sudah ditambahkan.

Secara umum, alamat Feed web adalah :

https://domain/feed
https://domain/category/feed

Incoming search terms:

Write A Comment