Memilih shared hosting bukan lah hal yang tidak tepat. Namun, sebaiknya hosting tersebut digunakan di awal pengelolaan website Anda. Jika traffic sudah tinggi, maka hal yang lebih bijak adalah meng-upgrade shared hosting menjadi VPS atau Virtual Private Server. Meskipun harganya lebih mahal, tetapi, masih ada banyak penyedia jasa VPS murah.

Meski begitu, jangan hanya tergiur oleh harga yang murah saja. Sebab, ada beberapa kriteria VPS murah tetapi berkualitas. Berikut ulasan lengkapnya!

Keunggulan VPS Ketimbang Shared Hosting

Dibandingkan dengan shared hosting, VPS dapat digunakan untuk menjalankan berbagai fungsi. VPS juga menjadi web hosting dengan pertimbangan kebutuhan resource tinggi. VPS ini berfungsi untuk menyimpan file pribadi yang dapat diakses.

VPS juga berfungsi sebagai hosting aplikasi yang bisa menguji coba aplikasi yang tengah dikembangkan. Serta menjadi mesin untuk menjajal website yang tengah dibuat. Pun, bisa mem-back up server utama sehingga dapat meminimalisir risiko kehilangan data. VPS juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan sambungan pribadi.

VPS ketimbang shared hosting juga mempunyai uptime yang lebih tinggi sehingga website bisa bekerja dengan lebih stabil. Sumber dayanya pun lebih besar sehingga Anda dapat membuat sekaligus beberapa akun hosting. Akses root pun Anda miliki hanya dengan mengelola VPS.

Kriteria Memilih VPS yang Murah tapi Berkualitas

Sebelum memutuskan untuk berlangganan VPS murah, Anda harus memerhatikan beberapa kriteria di bawah ini!

  1. Perhatikan Kapasitas dan Jenis Media Penyimpanan HDD

Hal yang pertama harus Anda perhatikan untuk memilih VPS murah adalah dengan memerhatikan kapasitas hard disk. Selain itu, Anda juga perlu memilih jenis penyimpanan yang dapat membaca data secara cepat. Anda juga tidak boleh luput memerhatikan kemudahan untuk mem-back up data serta sistem operasi yang dapat dipakai. Mulai dari windows serta linux. Sila pilih jenis sistem operasi yang sesuai kebutuhan.

  1. Pilih Lokasi Server Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya, Anda juga perlu memilih lokasi server sesuai kebutuhan bisnis. Apabila Anda melakukan bisnis di Indonesia, sebaiknya pilih server Indonesia. Server lokal juga dapat mengantisipasi delay waktu pada proses pengiriman data dari server.

  1. Pilih VPS Murah yang Terpercaya

Anda juga harus mempertimbangkan tingkat kepercayaan dari pelanggan pada penyedia VPS. Sangat disarankan untuk memilih VPS murah, terjangkau, tetapi memiliki pelayanan yang maksimal.

  1. Mempertimbangkan Kesediaan Pilihan Operating System

Anda juga bisa mempertimbangkan tersedia berbagai pilihan operating system berupa Ubuntu, debian, custom OS, Centos, dan sebagainya. Sehingga, VPS pun dapat mengakomodasi kemudahan, kebutuhan, serta kecepatan dalam upgrade paket VPS. Adanya teknologi virtualisasi dengan basis KVM juga bisa memberi tingkat keamanan tinggi serta konsistensi kinerja dari server.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan VPS serta kriteria VPS murah yang berkualitas dan memiliki performa maksimal. Semoga bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda memilih penyedia layanan VPS.

Author

Write A Comment