Kapan, Sih, Saya Membutuhkan VPS? Cek Alasannya Di Sini

Pada dasarnya, cara kerja VPS laiknya server yang berdiri sendiri. VPS mempunyai dedicated resource yang memungkinkan pelanggan bisa memakai semua resource VPS sendiri tanpa berbagi dengan pelanggan yang lain. Pun, dilengkapi dengan user, process, serta tersedia juga full root access. VPS juga memiliki port number, alamat IP, tables, serta filtering dan routing rules-nya tersendiri.

Setiap VPS terpisah dengan VPS lainnya. Yang mana masing-masingnya mempunyai aplikasi serta root user berbeda dengan yang lain. Kinerja dari VPS ini memang cenderung lebih maksimal ketimbang shared hosting. Mulai dari keamanan yang lebih menjanjikan, privacy dan performa yang full speed, serta eksklusivitas yang lebih maksimal.

Namun, tidak selalu website Anda membutuhkan VPS murah. Anda direkomendasikan untuk upgrade pada web hosting yang satu ini apabila ada pada situasi berikut ini:

VPS Murah Dibutuhkan Saat Anda Akan Meng-install Custom Software

Anda bisa meng-upgrade web hosting menjadi VPS apabila Anda akan melakukan custom configuration pada server. Hal ini juga bisa dilakukan jika Anda menginginkan bahasa pemrograman dalam tingkat advance. Jika begitu, Anda memang membutuhkan opsi hosting yang dapat memberi kontrol yang lebih besar pada pengguna.

Saat Ingin Menyimpan Data dengan Lebih Privat

VPS menawarkan tingkat keamanan yang cenderung lebih tinggi. Selain itu, VPS murah juga menawarkan akses berupa root server bagi para pengguna. VPS sendiri menjadi hosting yang mempunyai environment mandiri, dimana penggunaan resource tidak akan memengaruhi serta dipengaruhi oleh pengguna lainnya.

Ketika Butuh Resource yang Memiliki Spesifikasi Lebih Tinggi

Saat Anda membutuhkan resource berspesifikasi tinggi dalam menjalankan sistem serta layanan pada sebuah server, maka Anda bisa meng-upgrade web hosting dalam bentuk VPS murah. Analogi untuk ini adalah 1 apartemen dengan 5 orang asing dan 1 apartemen khusus ditempati sendiri. Nah, VPS murah adalah analogi yang kedua. Sehingga, Anda pun tidak perlu lagi berbagai resource bersama orang lain. Dengan begitu, performa dari server pun akan lebih baik. Sehingga, website pun akan menjadi lebih responsif.

Saat Traffic Website Meninggi

Shared hosting memang disarankan untuk traffic website yang masih relatif kecil. Namun, jika pengunjung pada situs milik Anda menjadi semakin maksimal, dan Anda masih memaksakan diri memakai shared hosting, ini akan menjadi kendala karena website pun akan berjalan dengan lambat.

Meng-upgrade hosting menjadi VPS akan dapat menyesuaikan konfigurasi dan resource sesuai dengan kebutuhan website. Sehingga, dalam keadaan apapun, website pun akan mampu diakses tentu saja dengan performa yang terbaik.

Apabila sudah mengalami ciri tersebut, sebaiknya segeralah upgrade web hosting Anda. Resource-nya lebih besar, tetapi tetap ada penyedia layanan VPS murah dengan harga yang lebih terjangkau.

Author

Write A Comment