Banyak pengusaha yang merambah dunia online untuk memasarkan produknya. Namun, masih juga ada yang belum paham terkait dengan perbedaan antara shared, cloud, serta dedicated hosting. Padahal, menentukan jenis hosting murah sedikit banyak menentukan performa website dan bisa mendongkrak branding serta pemasaran.

Ketidak sesuaian dalam memilih hosting diakibatkan karena pengusaha tidak memahami komponen-komponen teknis yang terlibat beserta manfaatnya. Hosting sendiri berfungsi sebagai ruang penyimpanan host file serta akan membuat website ini bisa diakses oleh pengunjung.

Pemilihan hosting ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Untuk itu, Anda harus mengetahui perbedaan antara tiga jenis hosting murah yang paling populer untuk mengembangkan usaha, yakni shared, cloud dan dedicated hosting. Langsung saja, berikut pembahasan lengkapnya!

Shared Hosting

Pada shared hosting, Anda akan berbagi server tunggal dengan berbagai situs lainnya. Beberapa hal yang dibagi pada server tunggal ini diantaranya RAM dan juga CPU. Hosting murah yang satu ini sangat ideal untuk berbagai jenis usaha kecil serta situs dengan traffic web yang tidak terlalu tinggi.

Dengan menggunakan shared hosting, maka Anda pun tidak perlu mempertahankan server. Shared hosting ini menawarkan biaya yang tidak terlalu mahal saat Anda baru saja merintis bisnis secara online. Anda pun tidak perlu memiliki pengetahuan mengenai sistem operasi serta kode server.

Cloud Hosting

Selanjutnya, ada cloud hosting dimana website dikelola sekelompok server yang membentuk cloud. Jenis hosting murah yang satu ini akan sangat ideal untuk bisnis yang sedang berkembang. Yang mana penjualan Anda sedang membutuhkan promosi khusus dan lebih gencar lagi.

Untuk menggunakan cloud hosting ini, Anda tidak harus mempunyai pengetahuan terkait dengan bahasa pemeliharaan server laiknya Linux. Kelebihan cloud hosting ketimbang shared hosting adalah kecepatan server yang lebih tinggi dikarenakan adanya bandwith lebih yang tersedia.

Dengan menggunakan web hosting yang sesuai, maka website pun akan bisa berfungsi lebih optimal. Sebab alokasi server serta manajemen cloud server bisa mempunyai efisiensi dengan kepadatan yang rendah dan juga tingkat caching top of the line hardware dan lain sebagainya.

Dedicated Server Hosting

Selanjutnya, ada dedicated server hosting yang mana Anda merupakan satu-satunya situs yang melakukan operasi dari server yang tersedia. Dengan menggunakan hosting yang satu ini, maka website pun dapat berjalan secara eksklusif.

Dedicated server hosting ini sangat ideal bagi bisnis besar yang mempunyai traffic web sangat tinggi. Server hanya digunakan oleh website Anda saja dan tidak berbagi sumber daya bersama dengan situs lainnya.

Keuntungan menggunakan hosting ini adalah Anda mempunyai kontrol penuh atas server. Termasuk juga berbagai hardware dan sistem operasinya. Namun, Anda juga mesti memiliki karyawan yang mempunyai kemampuan mempertahankan server seperti Linux. Harganya pun cenderung lebih mahal ketimbang dua jenis hosting sebelumnya.

Tentu saja dengan keamanan dan privasi yang sangat tinggi. Pun, pilihan Anda tidak terbatas baik memiliki konfigurasi maupun menginstal berbagai perangkat lunak.

Sudah tahu mau memilih jenis hosting mana untuk bisnis Anda?

Author

Write A Comment