Bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan command line, maka akan menganggap bahwa upgrade hosting ke VPS cukup sulit. Padahal, Anda hanya perlu mengikuti lima langkah mudah, yakni login VPS melalui SSH Access, meng-update server, membuat akun baru dan mengubah hak aksesnya, mengaktifkan public key authentication, serta melakukan setup firewall untuk VPS.

Selain itu, Anda bisa melengkapi VPS murah dengan berbagai aplikasi. Beberapa aplikasi yang umum dipasangkan di VPS meliputi :

  1. SSH serta Setup SSH Key VPS

SSH merupakan protokol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi data secara aman, command line interface, melakukan perintah eksekusi remote, serta layanan jaringan yang lain di antara dua jaringan komputer.

Untuk bisa terhubung pada VPS murah Anda, silakan install terlebih dahulu SSH. Anda dapat memanfaatkan Terminals, Putty, serta aplikasi lainnya apabila Anda memakai Windows. Akan tetapi, salah satu aplikasi SSH Client yang terpopuler adalah Putty. Apabila Anda memakai Linux, sila gunakan OpenSSH maupun Putty agar bisa terhubung.

  1. Update Web Server

Web Server merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk menerima permintaan serta memberi layanan permintaan via web browser yang berbentuk halaman situs web. Ini sangat penting untuk upgrade VPS. Dimana web server ini adalah inti untuk Anda yang ingin memfungsikan VPS menjadi web hosting.

Beberapa web server terbaik yang dapat Anda gunakan untuk VPS diantaranya Apache, Nginx, Web Server IIS serta Litespeed.

  1. Setup FTP pada VPS Server

FTP merupakan protokol yang bertugas untuk menukar file pada suatu jaringan. FTP ini sangat penting diinstal pada VPS Anda. Sehingga, Anda dapat lebih mudah bertukar dari dengan VPS. FTP ini dapat mempermudah Anda upload ke VPS serta men-download-nya. Gunakan FTP client agar bisa terhubung pada FTP server.  Beberapa rekomendasi FTP client diantaranya Filezilla, Transmit, dan gFTP.

  1. Mengkonfigurasi DNS pada VPS

DNS atau Domain Name Server merupakan server yang dipakai agar IP Address sebuah host melalui host name-nya. Supaya VPS murah bisa diakses melalui nama domain, maka DNS sangat dibutuhkan. Anda harus dapat menghubungkan VPS dengan nama domain yang telah disewa supaya dapat diakses. Dengan begitu, user pun tidak perlu lagi untuk menghapalkan IP.

  1. Setup SSL pada VPS

SSL merupakan file data yang bekerja secara digital serta membuat website menjadi terenkripsi secara otomatis. Dengan begitu, maka data tidak bisa terbaca hacker yang akan meretas website yang dimiliki.

SSL juga akan membantu dalam keamanan data pengguna dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Terdapat dua jenis SSL yakni yang versi berbayar dan free. Beberapa jenis SSL diantaranya Domain Validation SSL, Organization Validation SSL, serta Extended Validation SSL.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat dipasang di VPS murah Anda. Pastikan juga Anda menginstal aplikasi lain sesuai dengan kebutuhan.

Author

Write A Comment